Water Intoxication (Keracunan Air)

Kemarin malam, gue baru aja nonton BBC Knowledge tentang kematian tak wajar gitu. Nah, saat itulah gue ketemu dengan yang namanya water intoxication atau keracunan air. Kata-kata ini sempet bikin gue rusuh-rusuh karena gue baru tahu, ternyata air yang kita butuhkan juga dapat membahayakan.

Ceritanya itu ada seorang ibu rumah tangga bernama Jennifer Strange mengikuti sebuah lomba dari salah satu saluran radio yang bernama KDND 107.9 "The End". Di lomba ini para peserta di paksa minum air satu botol setiap 2 menit tanpa kencing. Sebenarnya sebelum perlombaan ini di mulai, seorang perawat sudah menelpon stasiun radio ini tentang bahayanya lomba ini. Namun perlombaan tetap berjalan.


Di tengah perlombaan tinggal tersisa Jennifer dan satu orang peserta lainnya. Namun Jennifer tak sadar bahwa dia sudah mulai terkena water intoxication. Water intoxication ini sendiri adalah dimana kadar elekrolit dalam tubuh melebihi batas dan menyebabkan pembengkakan otak yang gejala awalnya adalah sakit kepala. Pembengkakan otak ini pasti menimbulkan tekanan. Tekanan ini terus mendorong ke bawah yaitu ke bagian batang otak dimana seluruh kontrol berada di sana. Saat itulah Jennifer mulai pusing dan akhirnya mengundurkan diri dan mendapat hadiah 2 tiket nonton Justin Timberlake.


Sampainya di rumahnya, Jennifer terus muntah-muntah yang mengeluarkan air dan sakit kepalanya makin parah. Dia tidak sadar bahwa otaknya semakin menekan ke batang otaknya. Namun terlambatlah baginya. Batang otaknya patah dan akhirnya dia meninggal di rumahnya. Jennifer di temukan tewas oleh ibunya.


Jadi bahaya juga minum air kebanyakan dengan jangka waktu yang cepat. Saat itulah gue sadar kenapa atlet selalu minum cuman dikit walopun mereka haus setengah mati. Itu mencegah keracunan air juga. 


Kadang-kadang gue seneng ngeliatin acara begituan walaupun terkesan sadis. Tapi itu membuat gue tambah pengetahuan juga. Ya udah mungkin itu aja dari gue. Dadaaaaaahhh.


Referensi untuk baca lebih lanjut tentang Water intoxication :
http://en.wikipedia.org/wiki/Water_intoxication 

Comments